Recent Posts

Sabtu, 25 Februari 2017

NHW#5_Nafsa Muthmainna_Solo

Bismillaahirrahmaaniirrahiim
In The Name of Allah The Most Gracious The Most Merciful

Untuk pekan ini kembali kita akan membahas tentang tugas Matrikulasi IIP. Setelah pada tugas sebelumnya saya diminta untuk kembali memantapkan ilmu yang ingin dipelajari, maka pada tugas kali ini saya diminta untuk membuat desain pembelajaran sendiri untuk menunjang kegiatan pencarian ilmu tersebut. Jadi pada prinsipnya tugas kali ini adalah : belajar bagaimana caranya belajar. Yuk kita bahas..



** ilmu kesehatan akan dipelajari seiring dengan profesi saya sebagai dokter

Silakan dilihat diagram diatas sambil membaca tulisan ini ya J
    A.      Ilmu yang akan dipelajari
Saat kemarin diminta membuat NHW#4 saya telah mantap menuliskan bahwa ilmu yang ingin saya pelajari sesuai passion saya adalah ilmu Pendidikan Anak dan Keluarga serta Ilmu Kedokteran/ Kesehatan. Dua bidang ilmu tersebut selalu membuat saya bersemangat untuk mempelajarinya. Meskipun sebenarnya ada banyak ilmu lain yang membuat saya tertarik, tapi jika melihat lebih jauh ke dalam diri saya, sepertinya dua ilmu tersebut yang ingin saya tekuni terlebih dahulu. Oh iya untuk ilmu kedokteran disini tidak akan terlalu saya bahas karena saya adalah seorang dokter yang tentunya akan terus belajar ilmu tersebut seiring dengan profesi saya J

    B.      Tahapan Ilmu Pendidikan Anak & Keluarga
Di tugas sebelumnya saya juga telah menuliskan tahapan untuk mempelajari Ilmu Pendidikan Anak dan Keluarga. Saya juga telah menuliskan bayangan sub-bahasan dari masing-masing tahapan ilmu tersebut. Saya tulis ulang disini ya J

1.       Bunda Sayang à ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak
·         Ilmu tentang tumbuh kembang anak
·         Ilmu tentang psikologi perkembangan anak
·         Ilmu agama yang perlu diajarkan untuk anak-anak
·         Ilmu tentang kebutuhan gizi anak
·         Ilmu tentang komunikasi efektif pada anak
·         Ilmu tentang cara menemukan bakat dan minat pada anak
·         Ilmu agar mampu menjadi istri yang baik dan disayang suami J
·         Ilmu tentang psikologi suami dan istri
·         dll
2.       Bunda Cekatan à ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
·         Ilmu tentang pembagian waktu yang efektif
·         Ilmu untuk lebih efisien dalam mengerjakan tugas rumah tangga
·         Ilmu untuk mengelola keuangan dalam rumah tangga
·         dll
3.       Bunda Produktif à ilmu-ilmu seputar minat, bakat, dan kemandirian finansial dll.
·         Ilmu untuk menemukan bakat diri sendiri, passion dan minat
·         Ilmu untuk mengembangkan bakat dan minat
·         dll
4.       Bunda Shaleha à ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang
·         Ilmu untuk membuat materi presentasi yang menarik
·         Ilmu komunikasi interpersonal
·         Ilmu untuk mampu menjadi pembicara yang handal
·         dll

    C.      Cara Belajar
Nah setelah mengetahui ilmu serta tahapannya yang ingin saya pelajari, langkah selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara saya belajar. Perlu ditekankan bahwa sebelum saya belajar saya harus memiliki pola pikir skeptis terhadap setiap informasi pembelajaran yang saya dapatkan. Hal ini akan memacu kemampuan berpikir saya untuk mencerna setiap informasi yang masuk. Baiklah, jika dilihat  dari diagAram diatas saya membagi cara belajar saya menjadi beberapa segmen sbb :
·         Literatur >> saya akan berusaha mengumpulkan sebanyak mungkin sumber bacaan terkait Ilmu Pendidikan Anak dan Keluarga. Sumber bacaan tersebut dapat berupa buku, artikel, jurnal dsb)
·         Online >> saya akan memanfaatkan teknologi untuk mencari sumber belajar yang saya perlukan, semisal mengikuti kulwap, mencari informasi di YouTube, dsb.
·         Komunitas  >> saya akan bergabung dengan komunitas yang mempejari ilmu yang saya ingin pelajari, contohnya mengikuti kelas di Institut Ibu Profesional, Grup WA Parenting dsb)
·         Learning by doing >> saya akan mempraktikkan langsung ilmu yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari
·         Berguru pada ahli >> saya akan berusaha menimba ilmu langsung dari pakar, bisa dengan mengikuti seminar, training, mentoring dsb )
    D.      Evaluasi Pembelajaran
Pada saat mengevaluasi pembelajaran, ada 4 aspek diri yang harus saya lihat yakni : AGAMA, PERSONAL, KARIR PROFESIONAL serta SOSIAL/UMAT. Untuk memenuhi masing-masing target dai setiap aspek tersebut maka ada beberapa acuan yang perlu saya evaluasi yakni sbb :
·         Diskusi dengan suami >> melihat sejauh mana proses belajar saya berjalan di mata suami, adakah bagian yang perlu saya perbaiki, pertahankan, maupun ditingkatkan. Selain itu, suami sebagai partner in life saya akan menjadi penilai yang bisa melihat secara langsung proses belajar saya.
·         Checklist >> setelah kemarin membuat checklist harian, mingguan, dan bulanan saya akan mengevaluasi sejauh mana item-item dalam checklist tersebut yang sudah tercapai. Bila ada yang masih kurang, dapat saya analisis untuk mengetahui alasan dan bagaimana mensiasatinya.
·         Milestone >> di tugas kemarin saya diminta untuk membuat milestone dan KM 0 sejak saya memulai belajar. Dengan membuat milestone tersebut saya dapat terus mengevaluasi sampai titik mana saya sedang dalam proses belajar, dan apakah proses belajar yang saya lakukan telah memenuhi target milestone tersebut.
·         Opini lingkungan >> saya akan membuka diri terhadap berbagai macam masukan, kritik dan saran dari lingkungan sekitar. Tentunya saya akan memfilter bagian mana yang perlu saya jadikan acuan perubahan dan bagian mana yang bukan. Namun apapun itu, lingkungan pasti akan menjadi salah satu setting saya belajar sehingga akan ada opini dari lingkungan sekitar terkait proses belajar yang saya lakukan.
·         Respon Anak dan Keluarga >> tentunya setelah mempelajari ilmu sembari berlatih mempraktikkanya maka saya akan mendapatkan respon dari anak dan keluarga. Saya akan belajar dan mengevaluasi bagaimanakah respon anak dan keluarga terkait proses belajar yang saya lakukan.

    E.       Modifikasi Pembelajaran
Di tahap ini setelah memperhatikan dan mempelajari evaluasi dari proses pembelajaran saya, maka saya akan memodifikasi proses belajar saya yang masih kurang baik. Harapannya modifikasi pembelajaran ini akan membuat saya memperbaiki bagian yang masih kurang sehingga mampu mencapai tujuan dengan optimal.

F.       Re-Evaluasi Pembelajaran
Setelah melakukan modifikasi pembelajaran dari bagian-bagian yang kurang, maka saya akan kembali melakukan evaluasi ulang dari proses belajar tersebut. Saya akan melihat sejauh mana modifikasi pembelajaran tersebut bermanfaat dalam proses belajar saya.

   G.     Achieve The Goals
Dan pada akhirnya, tujuan yang saya inginkan dalam belajar akan tercapai. Bismillaah, semoga Allaah berikan kekuatan dan kelancaran dalam meraihnya. Aamiin


Sabtu, 25 Februari 2017 pukul 13:28
Nafsa Muthmainna
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

feel free to drop any comments, friends! ^^