Recent Posts

Sabtu, 17 Juni 2017

Komunikasi Produktif (Day 10)

Bismillahirrahmaanirrahiim
In The Name of Allaah The Most Gracious The Most Merciful

Tulisan terkahir dari tantantang sepuluh hari Komunikasi Produktif. Alhamdulillaah J

1. Komunikasi Produktif dengan Suami
Setelah hari sebelumnya saya sempat merasakan kesalahan dalam menyampaikan pesan saya kepada suami, saya berusaha memperbaiki hal itu. Suami dan saya sama-sama menyadari bahwa sesi telepon terakhir tidak berakhir dengan cukup baik, dan kami sama-sama tidak nyaman dengan itu. Melalui WA suami saya berusaha menyampaikan yang beliau rasakan. Dan itu menjadi kesempatan bagi saya untuk memperbaiki cara saya menyampaikan pesan itu ke suami juga.

Saya memberikan penjelasan pada suami tentang apa yang tadi kita bahas. Saya juga menyampaikan maksud dari obrolan saya tadi seperti itu, dan respon yang saya inginkan dari suami seperti apa. Alhamdulillaah suami menerima, saya pun juga menerima maksud dari suami. DI akhir sesi kami sama-sama meminta maaf dan saling memaafkan. J

2. Komunikasi Produktif dengan Anak
Pada poin ini masih tentang memberikan “Pilihan”. Saya masih ingin terus belajar memberikan pilihan dan kesempatan pada Akhfiya. Kali ini tentang makanan yang ingin ia makan. Di usia 7 bulan saat ini, saya dibuat kagum dengan kemampuan Akhfiya yang mulai menunjukkan kemauannya, termasuk memilih makanan yang ia inginkan untuk disantap.

Akhfiya biasanya sangat mudah disuapi, apalagi jika makanan itu merupakan masakan bikinan saya sendiri. Tapi sore ini tiba-tiba Akhfiya sangat suliit makan. Saya yang bingung akhirnya mencoba merecall memori saya, dan ternyata selama 3 hari terakhir saya memasak menu yang sama buatnya. Ia bosan ternyata J Akhirnya saya ajak untuk bicara, sambil bertanya menu apa yang ingin ia makan hari ini. Akhfiya menjawab dengan celotehan yang saya sendiri tidak tahu artinya apa hehe. Dan ketika saya dekatkan dengan bubur beras merah, dia ingin sekali meraihnya. Alhamdulillaah sore itu Akhfiya makan lahap dengan bubur beras merah. ^^

Penutup : Setelah sepuluh hari mempraktikkan komunikasi produktif, saya merasa banyak sekali kekurangan dari diri saya. Namun saya bersyukur karena kali ini saya sudah lebih siap dengan panduan komunikasi produktif tersebut. Poin-poin dalam komunikasi produktif tersebut dapat menjadi pengingat dan indikator bagi saya dalam belajar mengamalkan keterampilan tersebut. Kedepannya saya ingin terus berlatih menerapkan poin-poin tersebut, agar dapat menjadi sebuah kebiasaan yang akan saya bawa hingga seterusnya. Aamiin J

#day10
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip 




Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

feel free to drop any comments, friends! ^^