Recent Posts

Sabtu, 17 Juni 2017

Komunikasi Produktif (Day 9)

Bismillaahirrahmaanirrahiim
In The Name of Allaah The Most Gracious The Most Merciful

Sebuah tulisan mengenai Komunikasi Produktif di hari kesembilan.

1.       Komunikasi Produktif dengan Suami
Pada komunikasi hari ini, saya belajar pentingnya kalimat “I am responsible for my communication result”. Bahwa ternyata apabila penerima pesan tidak bisa menangkap maksud dari pemberi pesan, maka itu tanggung jawab dari pemberi pesan. Setiap komunikator (pemberi pesan) akan bertanggung jawab atas hasil komunikasi yang ia lakukan.

Hari ini pun demikian. Setelah sekian waktu saya dan suami tidak telponan dalam jangka waktu dan kualitas yang cukup baik, kami bisa telponan kembali di malam hari. Awalnya pembicaraan ini berlangsung lancar, masing-masing merasa senang bisa mengalirkan perasaannya. Namun menjelang akhir, ada satu topik yang saya bahas dan ternyata saya tidak mendapatkan respon yang baik dari suami. Saya yang sedikit menahan kecewa dan sedih akhirnya terdiam cukup lama. Suami juga demikian. Akhirnya kami menelpon sesi telepon hari itu dengan perasaan yang masih mengganjal :’(.

2.       Komunikasi Produktif dengan Anak
Pada hari ini, masih tentang memberikan “Pilihan” pada anak. Saya berusaha terus mengaplikasikan cara memberikan pilihan ke Akhfiya dengan baik. Apapun aktivitas yang akan ia lakukan saya berusaha memberikan dan menanyakan ke Akhfiya. Meski mungkin ia belum sepenuhnya mengerti dan hanya memandang balik ke saya sambil tersenyum. Saya biasanya berusaha menerjemahkan bahasa tubuh dan mata si kecil atas pilihan-pilihan yang saya berikan.

Sebagai contoh, saat memilih buku bacaan. Di antara berbagai koleksi buku yang ia miliki, saya mengajaknya memilih buku mana yang ingin ia baca hari itu. Akhfiya sudah memiliki satu buku favorit sejak kecil, dan ia selalu suka melihat gambar-gambar di buku itu. Saya menghormati pilihannya dan kembali membacakan buku itu dengan gembira J

#day9
#tantangan10 hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip 


Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

feel free to drop any comments, friends! ^^