Recent Posts

Sabtu, 04 Desember 2010

serba serbi ujian blok

Bismillahirrahmaanirrahiim
In The Name Of Alloh, The Most Gracious The Most Merciful

Cerita ini tentang serba-serbi ujian blok di FK UGM, terutama di program studi Pendidikan Dokter angkatan 2009. .Cek this out!!

Setiap kurang lebih 2 bulan sekali, sekitar tiap 7 pekan sekali (jika tidak ada bencana, atau kendala semisal melestusnya Gunung Merapi..hehe) kami, mahasiswa FK UGM angkatan 2009 akan menjalani ujian di akhir blok yang kami pelajari. Ujian blok ini cukup sulit menurut saya. Karena materinya itu ada banyak sekali, berpuluh-puluh slide kuliah, belasan praktikum dan serta ada juga materi skills lab yang harus dikuasai untuk bisa sukses melewatinya. Selain itu, entah harus senang atau sedih, ujian blok itu dilakukan hanya satu hari. Merasa senangnya, karena ujian berlangsung hanya satu hari saja. Tapi sedihnya, karena dengan materi yang cukup banyak dan hanya termuat dalam 120 soal pilihan ganda dalam waktu 2 jam itu akan sulit diprediksi manakah soal yang akan keluar nantinya. Memang ujian blok ini sedikit berbeda dengan UTS atau UAS di fakultas lain yang biasanya berlangsung beberapa hari. Tapi, yah bagaimanapun inilah ujian kami. Dan mau tak mau, kami harus beradapatasi.

Nah, berdasarkan pengalaman menjalani ujian blok selama hampir 3 semester di FK UGM, yakni kurang lebih sudah 8 kali saya menjalani ujian blok, mulai dari blok 1.1 hingga 2.2 yang baru saja usai, saya dapati ada beberapa pola unik yang biasanya ada berkaitan dengan ujian blok. Pengamatan saya sih di angkatan 2009, tapi ndak tau juga kalo diangkatan lain juga seperti itu..hehe, Baiklah langsung saja yaa..


SYNDROM PRE UJIAN BLOK
Beberapa kejadian yang menurut saya lucu bin unik sering terjadi menjelang ujian blok di angkatan 09. Nah, inilah hasil pengamatan saya selama ini..
1. “Eh, tolong copykan slide dan HSC nya donk!!”
Biasanya, menjelang ujian blok, teman-teman (termasuk saya..hehe) akan mulai berburu slide dosen dan HSC. Terutama untuk anak-anak yang sukanya malas ngrubungin dosen buat minta slide langsung sehabis kuliah. Kemana-mana pada bawanya flashdisk, laptop dan malah ada yang udah bela-belain mau ngeprint hardcopy slidenya. Ckckck, saya kadang ketawa kalo liat kejadian ini. Lucu aja. Apalagi buat mahasiswa yang suka nelat copy slide seperti saya ini, sungguh terlihat sekali bingungnya gimana. Jadilah teman-teman saya yang rajin menjadi tumpuan harapan kami. Hehe.
“minta tolong copykan slidenya ya?”
“dari week berapa cha?”
“semuanya ”
*Nah lho, ketahuan kan selama ini ndak pernah copy slide kuliah..hehe
Selain itu, HSC alias Health Study Club, alias cakul kebanggaan anak FK UGM juga bakal laris dicari.
“Eh, HSC week 6 udah keluar belum sih??”
“Belum ik, padahal kurang berapa hari lagi ujian lho..gimana ya?”
“Hu’um..coba tanya anak HSC deh”
“Siiph”
*ini sok tanya aja kapan HSC week 6 keluar, padahal belajarnya week 1 aja belum kelar..hoho

2. “Punya soal tahun lalu nggak?
Nah, ini juga yang biasanya terjadi di angkatan 2009. Menjelang H-kesekian dari ujian blok, saya dan teman-teman mulai mencari-cari soal ujian blok tahun yang lalu. Untuk latihan soal, karena terkadang soal ujian tahun lalu ada beberapa yang keluar juga di tahun ini. Alhamdulillah. Selain itu, akan ada teman-teman yang juga menjual soal di angkatan kami. Yep,yep..kami, anak-anak MSC akan menjual soal hasil buatan tim kami. Alhamdulilah, laku keras lho, dan ternyata cukup membantu karena banyak yang keluar waktu ujian. Senangnya! ^^

3. “Udah sampe week berapa??”
Pertanyaan ini bakalan sering terdengar menjelang ujian blok. Rata-rata mahasiswa PD 09 ketika ingin menanyakan progress belajar temannya akan bertanya dengan pertanyaan semacam itu. Jadi itungannya bukan pake makul atau apa, tapi sampai minggu keberapa teman tersebut sudah belajar. Karena 1 blok kan ada 6 week (rata-rata), jadi biasanya kami tanya nya pake system week nya. Aneh ya, tapi memang begitulah adanya..

4. “Hiks, materinya banyak banget…cumleng @.@”
Kalo yang ini adalah curahan hati menjelang ujian blok. Biasanya saya dapati curahan hati dari teman-teman itu dari status facebooknya, atau sms-sms yang mampir ke inbox saya. Lucunya, kadangkala keluh kesah itu di bahasakan dengan istilah kedokteran, semacam :

“Tekanan intracranial meningkat T.T ” yang bisa diartikan sebagai “pusing”
“ Slide intoxication” artinya adalah “Mabok slide dosen ..hehe”
“Disproporsi kapasitas otak dan materi” yang diartikan sebagai “sulitnya materi masuk ke otak”, meminjam istilah Disproporsi Kepala dan Panggul (DKP) yang menandakan janin sulit masuk ke panggul sang ibu sehingga terjadi persalinan yang sulit.

Atau ada pula sms-sms lucu, semacam :
“Kawan-kawan, kalo kita nggak bisa menangani pasien kan harus dirujuk tuh, nah kalo besok nggak bisa ngerjain soal ya dirujuk aja ke spesialisnya..hahaha”

*tuh kan,keliatan banget kalo pada stress karena ujian blok ya? Hehe

5. “Semangat ujian buat temen-temen PD 2009!!, semoga lancar ^^”
Yang ini biasanya terjadi beberapa jam menjelang ujian blok. Rata-rata status facebook teman-teman saya menjelang ujian blok isinya adalah penyemangat, do’a dan harapan agar ujian blok kali ini lancar, semacam :
“Bismillah, semoga hari ini lancar. Amiin”
“Are you ready? Yes I am!!”
“ Ya Rabbi, bantulah hamba”
“Pasrah..”

*dan masih banyak lagi..hehe


SYNDROM POST UJIAN BLOK
Kalo yang ini adalah kejadian selepas ujian blok berlangsung. Dan rata-rata ini berlangsung terus setiap ujian blok telah selesai..

1. “Gimana, lancarkah?”
Kalo ini yang biasanya ditanyakan temen-temen habis ujian blok. Habis dosennya bilang “Yak, waktu sudah habis”, maka nanti mulai pada beres-beres alat tulis trus komentar-komentar mulai didengungkan. Dari tanya temannya bisa ngerjain atau ndak, sampe mengeluh kalo soal ujian bloknya cukup sulit
“Gila, klinis semua yang keluar..waktunya nggak cukup., terlalu banyak skenarionya”
“Yah, lumayanlah, akhir-akhir nya tadi lancar, awalnya aja yang sulit”
“Soalnya aneh ya, masa ditanyain warna thermometer rectal apaan, kan nggak ada tuh di materi”
“Ini ujian blok tersulit yang aku alami..hiks”

2. “Soal yang ini jawabannya itu kan??”
Biasanya, habis berkomentar tentang ujian blok yang baru saja di jalani, teman-teman trus mulai mencocokkan jawaban dengan yang lainnya. Apalagi di angkatan kami ada system kewajiban mencatat soal. Jadi, tiap anak berkewajiban mencatat satu soal, dan akan dikumpulkan ke tim HSC. Nantinya soal itu akan dikumpulkan untuk kemudian dipakai belajar bareng waktu ada remediasi. Jadinya, pas keluar hampir tiap anak punya soal yang bisa dibahas. Rame euy, apalagi kalo jawabannya ada yang sama, pasti senang gitu rasanya. Bahkan ada yang teriak-teriak juga. Konyol deh pokoknya.

3. “Udah dapat jadwal belum?”
Setelah selesai mencocokkan jawaban, maka hal yang biasanya ditanyakan anak-anak PD 2009 adalah tentang jadwal untuk blok selanjutnya. Biasanya ketua kelompok tutorial akan pergi mengambil jadwal dan kemudian membagikannya. Setelah itu biasanya satu kelompok tutorial akan berkumpul (kalo kelompok saya biasanya di Taman Medika) trus berkomentar tentang jadwal blok kita yang selanjutnya.
“Waah, ujian blok depan hari Jum’at lagi”
“Wee, masa tentamen(ujian) anatominya di minggu ketiga sih?”
“Gila, blok ini aja udah sulit tidur, blok depan bakal sulit nafas nih” *lebay sekali ya
*dan komentar-komentar lainnya..

4. “Karaokean yuk?!”
Nah, kalo yang ini adalah rutinitas teman-teman saya selepas ujian blok. Entah darimana, tiba-tiba habis ujian blok itu teman-teman langsung pada hedon gitu. Ada yang karaokean, belanja, futsal, nonton dan sebagainya. Dan kalo saya sendiri selalu menolak diajak karaokean, nonton, ke mall dan sebagainya. Saya lebih memilih langsung pulang ke Solo selepas ujian blok. Bagi saya itu sudah bisa sebagai penghilang penat setelah “berasap” mengerjakan ujian blok. Rumah, bagi saya adalah syurga dunia. Berkumpul dengan keluarga. Itu merupakan nikmat yang tiada terkira bagi saya.

Baiklah, usai sudah pengamatan saya. Ini bersifat subjektif lho, jadi jangan dijadikan alasan, sandaran apalagi referensi untuk karya ilmiah (mulai ngelantur). Maaf kalo postingan kali ini agak nggak jelas dan amburadul. Karena saya habis ujian blok kemarin, dan masih ada syndom selepas ujian bloknya. Hehe (alesan)




Karena ilmu tidak akan di dapat dengan santainya tubuh.
Teruslah berjuang untuk perubahan yang baik dan akhir yang lebih baik.
Bersemangat! ^^

6 komentar:

jadi ingat.. di semester 3 dulu, teman2 saya juga banyak yang mengeluh menggunakan istilah2 pangan yang baru kami kenali.. Alhamdulillah, kini keluhan itu sudah jarang terdengar..

tetap semangat ya, Dik!

wah, ternyata sama ya.
apa mungkin itu gejala kalo disemester tiga ya mbak?

siippo, insyaa Alloh akan tetap semangat.
semangat juga ya mbak Zahra.
senang rasanya punya teman di blog seperti mbak Zahra, semoga suatu saat nanti dipertemukan di dunia nyata ya mbak.
^^

opsi keempat mulai tak jauhi chang..hehe,,
akhirnya ke amplaz juga..huhu

opsi keempat??
karaokean??

wah, ada perlu apa ke amplaz syad?

ra doyan karaokean aku...


nang amplas cuci mata.haha

ngolek sponsor aro nonton harpot

ah yang benar syad?
tapi baguslah kalau begitu.
siiplah.

heumm,cuci mata??
mencuci mata itu pakai air, bukan pergi ke mall bung..hehe

nonton harpot ng jogja tah?
weeew..weeew..

Posting Komentar

feel free to drop any comments, friends! ^^