Recent Posts

Selasa, 13 Februari 2018

Mengatur Keuangan Keluarga

Pada level ke 8 pada kelas Bunda Sayang, tema tantangan yang diberikan adalah tentang Cerdas Finansial. Di level ini saya diminta untuk belajar menanamkan pada si kecil bahwa uang ada sebagian kecil dari rezeki, dan tentunya menjelaskan bahwa rezeki datangnya dari Allaahu Ta'ala.

Saat berdiskusi dengan suami, kami sepakat bahwa sebelum bisa menanamkan pada anak, kami sebagai orang tua juga perlu memiliki kecerdasan finansial tersebut. Salah satu cara untuk mempraktikkan itu adalah dengan membuat rincian keuangan keluarga.

Kami berdiskusi dalam sebulan pos pemasukan dan pengeluaran apa saja yang mungkin terjadi. Dari sekian gaji suami, kami coba rincikan bersama bagaimana bagian dari masing2 pos pengeluaran. Setiap pos pengeluaran, kami rincikan kemungkinan uang yang diperlukan untuk dibelanjakan. Hal ini penting sebagai acuan realisasi pengeluaran yang terjadi dalam sebulan. Apabila ternyata realisasinya lebih besar dibandingkan acuannya, maka kami akan kembali mendiskusikannya bersama.

Alhamdulillaah, sebagai suami dan istri kami bisa enjoy dalam berdiskusi bersama. Kami sama2 terbuka dengan opini masing2 dan membahas nya bersama.

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

0 komentar:

Posting Komentar

feel free to drop any comments, friends! ^^