Recent Posts

Senin, 21 Februari 2011

soal : Sexual Transmitted Infections

bismillahirrahmaanirrahiim
In The Name of Alloh The Most Gracious The Most Merciful

Soal MSC : Sexual Transmitted Infection

1. Seorang pria usia 38 tahun datang pada anda dengan keluhan di penisnya. Setelah melakukan anamnesis, penilaian faktor risiko, dsb, kemudian dokter melakukan pemeriksaan fisik. Dari hasil milking ditemukan adanya sekret keluar dari penis berupa mukopurulen. Tampak ostium urethra externa kemerahan dan edema. Pasien mengakui bahwa dalam 1 bulan ini ia melakukan hubungan seksual dengan mitra yang berbeda. Hasil pemeriksaan gram juga menunjukkan adanya bakteri diplokokus berwarna merah atau pink.Dari kasus diatas dapat diambil kesimpulan bahwa pasien menderita..
a. Urethritis Non Gonorrhea
b. Sifilis
c. Trichomoniasis
d. Urethritis Gonorrhea
e. HIV-AIDS
Jawaban : D. Kondisi tersebut merupakan Urethritis Gonorrhea. Hal ini nampak dari keluarnya sekret mukopurulen dari urethra. Selain itu ciri khas dari GO adalah ditemukannya DGNI (Diplokokus Gram Negatif Intraseluler) pada pewarnaan gram. Sifilis disebabkan oleh Treponema Pallidum yang akan menimbulkan ulkus pada urethra. Trichomoniasis disebabkan oleh Trichomonas vaginalis, dan biasanya menyerang wanita. Urethritits Non GO biasanya disebabkan oleh Chlamydia Trachomatis.



2. Seorang wanita menderita infeksi pada alat kelaminnya. Dari vaginanya keluar cairan berwarna putih keabuan dengan bau amis (fishing odor). Setelah dilakukan pemeriksaan discharge didapatkan bahwa pH vagina >4,5 dan adanya cel Clue pada pewarnaan Gram. Setelah menentukan diagnosis, dokter pun segera memberikan obat pada pasien tersebut. Pemberian obat yang benar adalah..
a. Metronidazol 500 mg dosis tunggal selama 7 hari
b. Klindamisin cream 2 % intraanal 4 gr selama hari
c. Metronidazol gel 10 %
d. Metronidazol 5 gr oral
e. Klindamisin 100 mg parenteral
Jawaban : A. Dari hasil diagnosis didapatkan bahwa pasien menderita vaginosis bakterial ya? Penyebabnya adalah Gardnella vaginalis. Nah treatment yang bisa diberikan adalah sbb :
• Metronidazol 500 mg, dosis tunggal selama 7 hari
• Klindamisisn cream 2 %, intravaginal, 5 gr selama 7 hari
• Metronidazol Gel 0,75%, intravaginal 2 x sehari selama 5 hari
• Metronidazol 2 gr oral dosis tunggal
• Klindamisin 300 mg oral 2x perhari selama 7 hari.

3. Kondisi dimana terjadi 3-4 minggu setelah munculnya ulkus bertepi menggaung, yakni pasien demam, malaise, ada splenomegali, kondiloma lata dan pembesaran kelenjar limfe multipel merupakan penyakit…
a. Sifilis primer
b. Sifilis sekunder
c. Sifilis tersier
d. Sifilis laten dini
e. Sifilis Kongenital
Jawaban : B. Sifilis merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh Treponema pallidum. Sifilis ditandai dengan munculnya ulkus durum, yakni ulkus dengan tepi yang menggaung dan tidak nyeri ketika disentuh. Sifilis memiliki beberapa tingkatan sbb :
• Sifilis Primer : ada ulkus durum, biasanya 3 minggu setelah coitus, ada papula, pembesaran limfonodi inguinal bilateral dan biasanya akan sembuh spontan dalam 4-6 minggu.
• Sifilis sekunder : biasanya muncul 3-4 minggu setelah ulkus durum, ada demam, malaise, foilikulitis, alopesia, splenomegali, pembesaran kelenkar limfe secara multipel
• Sifilis laten dini : merupakan stadium sifilis tanpa gejala klinis, terjadi kurang dari 1 tahun dengan tes serologis yang menunjukkan hasil yang reaktif.
• Sifilis laten lanjut : merupakan sifilis tersier, dan muncul 2-20 tahun sesudah infeksi primer, biasanya terjadi pada 30% kasus sifilis.

4. Yang bukan termasuk dalam sindorm inguinal pada limfogranuloma inguinal adalah..
a. Terjadi limfadenitis inguinal unilateral
b. Prevalensi kejadian pada pria lebih tinggi dibandingkan pada wanita
c. Gatal pada bagian inguinal
d. Terjadi involusi dan perlunakan kelenjar
e. Demam, menggigil, nausea anoreksia dan sakit kepala.
Jawaban : C. Opsi selain C merupakan kondisi yang terjadi pada Sindrom Inguinal di Limfogranuloma Inguinal.
Reaksi:

2 komentar:

hieeekkk...haha

btw, meh tiru2 ah ngepost bahan kuliah..hehe

yap, apalagi jika melakukan pemeriksaan aslinya syad..lebih mengerikan..hoho.
saya sudah mulai terbiasa dengan manekin penis dan vagina, jadi ya sekarang biasa saja.

oke, siip..bisa sekalian belajar syad.
semangat!

Posting Komentar

feel free to drop any comments, friends! ^^